Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
JD.ID Dorong Pertumbuhan Toko Elektronik Skala Kecil-Menengah Dengan Meluncurkan Program JD.ID Partner Store
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - JD.ID resmi luncurkan program terbaru-nya, bernama "JD.ID Partner Store". "JD.ID Partner Store" adalah sebutan bagi para toko elektronik mitra JD.ID, yang terintegrasi dengan layanan perusahaan dalam aspek Pemasaran, Pengiriman, Pemasangan, dan Perawatan/Perbaikan produk elektronik. Melalui program ini, JD.ID bermaksud untuk mendorong pertumbuhan penjualan pemasok produk elektronik, para pemilik usaha toko elektronik skala kecil-menengah, dan terutama memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Dengan mengemban motto perusahaan, yaitu #DijaminOri, sejak awal beroperasi di Indonesia, JD.ID sudah dikenal sebagai platform e-commerce terpercaya dalam penjualan produk elektronik, terlebih produk elektronik berukuran besar (big item). Melalui kerjasama dengan berbagai mitra brand elektronik lokal dan internasional, JD.ID berhasil membangun platform terintegrasi yang berkualitas, lengkap, dan terdepan, dalam melayani para pelanggan di seluruh Indonesia.

Namun pada sisi operasional, dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan, JD.ID kerap menemukan tantangan dalam layanan logistik dan purna jual-nya (pemasangan, perawatan, perbaikan), seperti kesulitan dalam mengirimkan produk-produk elektronik berukuran besar (big item) ke daerah kecil/terpencil dan kurang-nya sumber daya manusia (SDM) dalam melayani permintaan layanan purna-jual, yang mana hal ini berakibat pada menurun-nya tingkat kepuasan konsumen.

Ternyata hal ini tidak hanya dialami oleh JD.ID sebagai perusahaan retail online besar, kebanyakan toko elektronik skala kecil-menengah juga kesulitan untuk mengembangkan bisnis-nya karena permasalahan yang hampir serupa, seperti kekurangan moda logistik dan sumber daya, ditambah lagi dengan jumlah permintaan yang lemah karena tidak memiliki kemampuan pemasaran, serta sistem penjualan yang masih sangat manual.

Hal inilah yang melatarbelakangi dikembangkan-nya program "JD.ID Partner Store" oleh JD.ID. JD.ID meyakini bahwa "JD.ID Partner Store" dapat berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi, benefit, dan fasilitas secara online antara JD.ID, pemasok, dan penyedia layanan (toko elektronik skala kecil-menengah). Melalui program tersertifikasi ini, setiap pihak dapat bekerjasama untuk memberikan solusi atas tantangan penjualan produk elektronik, dengan menyediakan sumber daya bagi jaringan layanan nasional, memperluas layanan logistik dan cakupan jaringan instalasi, mendorong pertumbuhan penjualan, dan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Selain itu, terkhusus bagi para toko elektronik skala kecil-menengah, JD.ID juga akan menyediakan sejumlah fasilitas, antara lain menyediakan sistem penjualan yang canggih, mengadakan pelatihan bisnis profesional, serta menyediakan multi-saluran penjualan, dan sumber daya untuk meningkatkan skala bisnis dan pendapatan operasional.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai proses kerjasama "JD Partner Store", secara fungsional :

  • Delivery : JD.ID Warehouse menerima pesanan konsumen dari platform JD.ID, warehouse mengantar produk pesanan ke toko mitra untuk kemudian dilakukan pengiriman ke alamat konsumen.
  • Installation : JD.ID menerima permintaan layanan purna jual (pemasangan) dari konsumen, kemudian diteruskan kepada toko mitra, sehingga tercapai "same-time delivery & installation". Layanan purna jual toko mitra akan terlebih dahulu diverifikasi dan disertifikasi oleh pihak JD.ID, guna memastikan kualitas layanan.
  • Maintenance : JD.ID menerima permintaan layanan purna jual (perawatan atau perbaikan) dari konsumen, kemudian diteruskan kepada toko mitra.
  • Marketing : JD.ID menyediakan fasilitas pemasaran bagi toko mitra, melalui mouth-to-mouth marketing, brand promotion, membership development, township promotion, dan customer ordering, sehingga dapat mendorong daya beli pelanggan di 4 hingga 6 pasar, serta mendorong pertumbuhan pesanan.

Sehubungan dengan peluncuran program "JD.ID Partner Store", Frank, selaku Head of Big Item Logistics, menjelaskan bahwa terdapat banyak keuntungan bagi toko mitra jika bergabung, "Melalui program "JD.ID Partner Store" akan terjalin kerjasama yang mutualisme atau saling menguntungkan antara JD.ID dan toko mitra, mulai dari brand effect : peningkatan reputasi dan kepercayaan toko melalui kredibilitas JD.ID, multiple business types : penyediaan layanan terintegritas, mulai dari pengiriman, pemasangan, hingga perawatan, operational model : model operasional 1 toko khusus untuk 1 kabupaten dan pengembangan 4 hingga 6 pasar per wilayah, growth scale : peningkatan skala pertumbuhan bisnis melalui pengembangan 4 hingga 6 pasar dan lokalisasi 1 toko per kabupaten, serta business development : pemanfaatan brand dari JD.ID untuk dapat mengajukan kerjasama dengan brand-brand elektronik ternama, serta membangun reputasi sebagai penyedia layanan purna-jual yang andal, kelima manfaat utama inilah mampu menghasilkan win-win cooperation, terutama bagi toko mitra bergabung."

"Kami berharap melalui program "JD.ID Partner Store", JD.ID dapat kembali menghadirkan "joy" (sukacita), tidak hanya bagi para pelanggan setia kami, namun bagi para mitra pemasok dan penyedia layanan, yang dalam hal ini adalah para toko mitra elektronik skala kecil-menengah. Selain itu, dengan dibuat-nya program ini, kami juga berharap kami dapat semakin mendorong perekonomian nasional melalui pengembangan bisnis para UMKM, sehingga dapat mendukung upaya kolaboratif kami di tahun ini dengan pemerintah Indonesia.", ungkap Frank.

Segera daftarkan toko elektronik Anda dalam "JD.ID Partner Store", dengan mengisi form berikut ini: https://forms.gle/y6SN2QU6aMxu9cMo8

Sebagai tambahan informasi bagi para calon toko mitra, JD.ID tidak memungut biaya untuk kerjasama, komisi, dan inventory (0 Cooperation Fee, 0 Commission, and 0 Inventory).

SHARE:

Social Commerce Catat Transaksi Rp126 Triliun, Tumbuh Hampir 3 Kali Lipat di 2028

2025, Nilai E-Commerce Indonesia Diprediksi Capai Rp1,2 Kuadriliun Lebih