Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Satu Tahun Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dongkrak Pendapatan UMKM
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan ShopTokopedia mengumumkan pencapaian selama satu tahun berkolaborasi. Berdasarkan riset Tempo Data Science bersama dengan Tokopedia dan ShopTokopedia (2024), sinergi Tokopedia dan TikTok melalui ShopTokopedia meningkatkan pendapatan pelaku UMKM hingga 95%.

Hal ini memperkuat komitmen kedua platform dalam memberdayakan pelaku usaha lokal di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan menggencarkan kampanye 'Beli Lokal'.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso, M.Si., menyampaikan bahwa pada tahun 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp453 triliun, dan pada tahun 2024 diproyeksikan naik menjadi Rp487 triliun. Sedangkan pengguna platform e-commerce juga terus naik, pada tahun 2024 jumlah pengguna e-commerce mencapai 65,65 juta, angka ini naik 11% persen dari tahun lalu.

Baca Juga:
Fitur Live Streaming di Tokopedia dan ShopTokopedia Dongkrak Pertumbuhan Seller

"Hal ini membuktikan bahwa e-commerce sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat. Untuk mendukung produk lokal semakin maju, diperlukan kerja sama yang erat antara berbagai pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat. Kampanye 'Beli Lokal' dari Tokopedia dan ShopTokopedia adalah salah satu contoh konkret bagaimana kolaborasi dapat mendukung pelaku usaha lokal berkembang dan meningkatkan daya saing," ujar Budi, di kantor Tokopedia, Kamis (12/12/2024).

Pada 12 Desember 2023 lalu, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Tokopedia memasuki babak baru dengan berkolaborasi bersama TikTok menghadirkan ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye 'Beli Lokal'.

"Kampanye 'Beli Lokal' terus menjadi panggung khusus untuk menampilkan karya terbaik dari para brand lokal di Indonesia. Ada puluhan juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia, yang 100%-nya berada di Indonesia dan mayoritasnya adalah UMKM," tutur Melissa Siska Juminto, Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce.

Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia yang telah berjalan selama 1 tahun terbukti memberikan dampak positif bagi pelaku usaha lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Riset yang sama juga mengungkapkan bahwa UMKM yang memiliki akun di kedua platform, baik Tokopedia maupun ShopTokopedia, mengalami kenaikan penjualan hingga 118% sepanjang 2024.

Baca Juga:
Kisah Tiga UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Versi Tokopedia

Untuk memeriahkan satu tahun berjalannya kampanye 'Beli Lokal', Tokopedia dan ShopTokopedia juga menyelenggarakan 'Beli Lokal' Challenge yang diikuti seluruh masyarakat Indonesia. Pada kompetisi ini, Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan hadiah dengan total saldo Gift Card Tokopedia senilai Rp360 juta bagi 120 pemenang, termasuk Rp2 juta untuk 9 pemenang harian dan Rp12 juta untuk 12 pemenang utama.

Dalam rangka menyemarakkan satu tahun program 'Beli Lokal' sekaligus merayakan keberagaman produk hasil karya UMKM, ShopTokopedia melibatkan 12 pelaku usaha dari berbagai kategori. Mulai dari makanan dan minuman seperti ikan asin dan jamu, hingga fesyen seperti batik, untuk berpartisipasi dalam sesi live streaming selama 12 hari.

Selain melalui 'Beli Lokal', Tokopedia dan ShopTokopedia rutin mengadakan "Promo Guncang" yang berlangsung di setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan, mulai dari fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, elektronik, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi, dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon.

Menurut riset Tempo Data Science pada 2024, kampanye "Promo Guncang" berhasil meningkatkan pendapatan UMKM mencapai 115%. Selain itu, kampanye "Beli Lokal" juga mampu mendorong penjualan produk UMKM naik hingga 70%.

SHARE:

Pimpinan Geng Peretas Lockbit Diciduk Aparat

Menkomdigi: Perempuan Jadi Inovator hingga Pemimpin di Era Digital