
Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia membeberkan adanya peningkatan transaksi belanja online pada waktu sahur dibandingkan dengan waktu yang sama hari biasa.
Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan bahwa di bulan Ramadan selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan ibadah dengan maksimal, masyarakat juga semakin antusias dalam berburu berbagai kebutuhan dan produk incarannya setelah santap sahur.
"Sahur menjadi salah satu waktu yang paling digemari masyarakat untuk belanja di Ramadan Ekstra Seru. Saat sahur, nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop berkat Ramadan Ekstra Seru naik rata-rata 10,5 kali lipat," ungkap Aditia, dalam acara Buka Puasa bersama TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop di Jakarta, Senin (17/3/2025).
Baca Juga:
5 Tips Tingkatkan Penjualan Ramadan di Tokopedia dan ShopTokopedia
Salah satu yang menjadi menjadi perhatian yaitu perkembangan tren fashion yang muncul selama kampanye Ramadan Ekstra Seru. Pasar busana muslim pun semakin diminati. Kebiasaan masyarakat yang ingin membeli pakaian baru maupun perlengkapan ibadah agar tetap tampil maksimal dan fashionable di setiap aktivitas Ramadan.
Contohnya, brand lokal fashion berusia lebih dari 20 tahun, Gaudi, berhasil menaikkan penjualan 2 kali lipat di TikTok Shop tahun lalu lewat pemanfaatan fitur LIVE di TikTok.
Ramadan Ekstra Seru juga membantu penjual, khususnya brand lokal, dan kreator di Indonesia memanfaatkan momentum Ramadan dengan maksimal. Peningkatan pesanan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop yang berpartisipasi dalam kampanye ini naik rata-rata 2 kali lipat.
Baca Juga:
Tren Awal Tahun, Produk Olahraga Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia
Kurma Alif, salah satu lini bisnis Kalaborasi Group, bahkan mengalami kenaikan penjualan 10 kali lipat di Tokopedia berkat menggunakan integrated seller center Tokopedia dan TikTok Shop, termasuk saat berpartisipasi dalam Ramadan Ekstra Seru 2025.
"Ramadan Ekstra Seru adalah salah satu kampanye terbesar kami untuk membantu konsumen memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat penawaran menarik, seperti gratis ongkir, flash sale, dan diskon," kata Aditia.
Tokopedia juga melihat menjelang Lebaran, kegiatan mengirim hampers ke sanak keluarga atau kerabat menjadi salah satu tradisi dan tren yang kerap dilakukan untuk menjaga silaturahmi.
Terlihat dari antusiasme selama puncak kampanye Ramadan Ekstra Seru terhadap Hampers pun membuatnya menjadi produk paling laris pada awal Ramadan dari Kategori Makanan dan Minuman.