Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tagar Terpopuler di TikTok Selama Ramadan 2025
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Platform hiburan digital TikTok mengungkap tren di kalangan pengguna selama Ramadan di Indonesia yang membuat perayaan tahun ini lebih berwarna. Pengguna TikTok meramaikan konten mulai dengan berbagi resep takjil, ide dekorasi rumah untuk hari raya, tips tampil gaya di Ramadan, hingga rekomendasi drama serial untuk ngabuburit.

Lima tren terpopuler Ramadan 2025 bahkan telah menghasilkan lebih dari 200 ribu unggahan di TikTok pada seminggu pertama bulan puasa melalui hashtag #Bukber, #RamadanCore, #TakjilRamadan, #MenuBukaPuasa, dan #BerkahRamadhan. Tren ini menunjukkan tingginya partisipasi komunitas TikTok di Indonesia selama bulan suci.

Baca Juga:
Selama Ramadan, Ini Waktu Belanja Online Paling Favorit di Tokopedia

Berbagai konten video ini dibuat oleh penjual maupun kreator. Contoh kreator yang juga membuat konten video yang berkaitan dengan Ramadan adalah Ibun Mall. Ibun Mall membuat konten 'Paket Mudik' yang berisi promosi produk perlengkapan bayi dari penjual di TikTok Shop. Berkat memanfaatkan fitur pembuatan konten video di TikTok, nilai transaksi Ibun Mall bisa mencapai miliaran rupiah setiap bulan termasuk saat Ramadan.

Saat ini, Ibun Mall telah memberdayakan 100 host untuk melakukan live streaming hingga 20 jam sehari guna mempromosikan produk dari 30 UMKM lokal dan industri rumahan yang terhubung.

"Kualitas SDM, termasuk host live streaming, menjadi perhatian Ibun Mall. Hal ini mendorong saya untuk meluncurkan 'Komunitas Live Streaming 1 Miliar Pertama' guna melatih ratusan host live streaming. Kini, komunitas tersebut sudah memiliki 600 anggota dari seluruh wilayah di Jawa Barat yang mayoritas pelaku UMKM,” kata Hendri Alejandro, Affiliate Content Creator: Ibun Mall.

Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong UMKM Maksimalkan Live Streaming di TikTok

Di sisi lain, TikTok kini memungkinkan pengguna merekam konten hingga 10 menit secara native di dalam aplikasi. Fitur ini diharapkan menghadirkan ruang kreatif lebih luas untuk mengakomodasi lebih banyak tipe kreator dan konten video. Kreator dan penjual sekarang bisa berbagi inspirasi, rekomendasi, hingga mempromosikan produk atau jasa secara lebih mendalam.

Tahun ini, TikTok berkolaborasi dengan kreator dan publisher untuk menghadirkan konten video spesial Ramadan berdurasi lebih panjang, seperti SABAR (Sahabat Bulan Ramadan) yang menampilkan inspirasi kreator lintas kategori salah satunya resep menu buka puasa bersama Mursid (Puding Roti), dan Serial Drama Ramadan buatan rumah produksi dan stasiun televisi untuk menemani ngabuburit salah satunya Anatman Films (Long Distance Ramadan).

SHARE:

Selama Ramadan, Ini Waktu Belanja Online Paling Favorit di Tokopedia

Perluas Akses Internet, Komdigi Investasi ke Proyek Satelit LEO