Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
XL Axiata Capai AOMM Level 3.0 untuk Otomasi Jaringan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Operator seluler XL Axiata telah berhasil mencapai AOMM Level 3.0, dalam pengembangan otomasi jaringan. Angka ini merupakan capaian yang tinggi menurut standar evaluasi/pengukuran otomasi yang dikeluarkan oleh TM Forum.

Prestasi ini menjadikan XL Axiata sebagai salah satu pelopor jaringan otonom berstandar internasional di Indonesia, yang memberikan konektivitas berkualitas tinggi dengan tingkat efisiensi yang optimal.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menekankan bahwa pencapaian AOMM Level 3.0 ini adalah tonggak penting dalam perjalanan XL Axiata menjadi penyedia jaringan yang konvergen dan otomatis. Melalui kemitraan dengan Huawei, XL Axiata kini dapat meningkatkan produktivitas jaringan dan memberikan layanan yang lebih andal dan konsisten bagi pelanggan.

"Otomasi memungkinkan perusahaan memantau dan mengoptimalkan jaringan secara real-time, meningkatkan kemampuan respons terhadap gangguan, serta menjamin pengalaman pengguna yang unggul," ujar Gede.

Baca Juga:
Harapan XL Axiata Kepada Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pengembangan jaringan dengan model system Otomasi memungkinkan XL Axiata untuk mengelolah dan meningkatkan nilai operational ke level yang tinggi. Model ini didasarkan pada pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning, yang meningkatkan efisiensi operasional, presisi dalam perencanaan, dan kecepatan respons terhadap gangguan jaringan. Sehingga, XL Axiata dapat menilai dan merancang langkah-langkah untuk peningkatan kinerja jaringan yang berkelanjutan.

“AOMM memberikan kerangka kerja yang jelas bagi kami untuk lebih bisa memahami tingkat kematangan otomatisasi yang sudah dicapai serta menentukan langkah-langkah ke depan. Dengan menggunakan model ini, kami berharap dapat mencapai peningkatan kinerja signifikan, tidak hanya dari sisi efisiensi operasional tetapi juga dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik,” tambah Gede.

Sementara itu, Director of Carrier Network Business Group (CNBG) Huawei Indonesia, Kevin Zhou, menyatakan bahwa transformasi digital masih akan menjadi fokus pengembangan global dalam satu dekade mendatang. Pencapaian otomasi XL Axiata dalam kerangka kerja AOMM ini menunjukkan bahwa perusahaan ini berada di jalur yang tepat untuk melakukan lompatan signifikan dalam digitalisasi.

“Ke depannya, Huawei akan terus memperkuat kerjasama dengan XL Axiata dalam membangun fondasi digital yang kokoh serta meningkatkan penerapan otomatisasi komersial berskala besar dengan fokus pada pelanggan,” ujar Kevin Zhou.

Ia menegaskan bahwa XL Axiata dan Huawei akan menghadirkan layanan transport IP konvergensi otomatis dan cerdas yang menjanjikan pengalaman terbaik, memimpin transformasi digital di kawasan Asia Pasifik, dan menjadi tolok ukur bagi ekonomi digital global.

Baca juga:
XL Axiata Klaim Sukses Jalankan Efisiensi Pakai AI

Kolaborasi dengan Huawei dalam pengembangan otomasi ini berdampak langsung pada pengalaman pelanggan XL Axiata. Dengan sistem otomasi canggih, jaringan kini lebih siap menghadapi lonjakan trafik yang terjadi secara tiba-tiba, memungkinkan pelanggan untuk menikmati layanan digital seperti streaming video, game daring, dan aplikasi IoT tanpa gangguan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. AOMM Level 3.0 menjadi landasan penting dalam memastikan setiap aspek operasional jaringan berjalan optimal dan minim gangguan,” imbuh Gede lebih jauh.

Penerapan otomasi tidak hanya meningkatkan kualitas jaringan tetapi juga memungkinkan XL Axiata untuk mengatasi tantangan seperti keterbatasan spektrum dan biaya infrastruktur. Otomasi memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan spektrum dan meminimalkan biaya operasional, sehingga layanan berkualitas dapat dinikmati oleh lebih banyak lapisan masyarakat.

SHARE:

Robot Humanoid Boston Dynamics Pamer Aksi Backflip

Manfaatkan Tren Discovery E-commerce, Tokopedia Alami Peningkatan Penjualan Saat 12.12