Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kondisi layanan telekomunikasi Indonesia di masa lebaran
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Layanan telekomunikasi mengalami lonjakan di masa perayaan Idul Fitri. Operator besar seperti Telkomsel dan Indosat Ooredoo melaporkan peningkatan terbesar terjadi di kategori layanan data yang disediakannya. Telkomsel mencatat trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi, sebesar 78 persen menjadi sekitar 2.700 terabit, angka ini meningkat dibanding trafik data di periode yang sama di tahun 2015. Namun, dibanding trafik hari normal 2016, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 17 persen. Kenaikan juga masih tercatat tinggi di hari Lebaran, yaitu sekitar 75 persen menembus angka lebih dari 2.500 terabit. Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, angka trafik data ini naik sekitar 12 persen. Di layanan suara dan SMS di momen lebaran ini tercatat cenderung stagnan, dimana layanan suara mengalami penurunan sebesar 4 persen di hari Lebaran menjadi sekitar 1,5 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2016. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 1 persen di malam takbiran. Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman. Sedangkan di jaringan Indosat, trafik voice nasional pada hari H mengalami peningkatan menjadi sekitar 355,62 juta menit, atau naik sekitar 14,04 persen dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area wilayah kota Northern Sumatera (40,18 persen), Southern Sumatera dan Jawa Barat (31,15 persen). Di kategori SMS Indosat trafik di hari H menurun menjadi sekitar 555.48 Juta SMS, atau turun 4,65 persen dibandingkan trafik SMS di hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94,16 persen yang mengindikasikan tidak ada masalah signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 90,43 persen walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. Penurunan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sulampapua (-58,00 persen), Bali Nusra (-38,49%), dan Jawa Barat (-22,54%). Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 1.317 Terabyte/hari, atau naik 114,51 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.   Baca juga : AMANKAN KESEHATAN PEMUDIK, INDOSAT OOREDOO KERAHKAN MOBIL KLINIK BINGUNG DITINGGAL MUDIK ART? TUNTASKAN PAKAI AHLIJASA.COM 4 MODA TRANSPORTASI BERANGKATKAN 3.400 PEMUDIK TELKOMSEL SIAGA

SHARE:

Terjun ke Bisnis Smart Home, Apple Garap Doorbell Canggih dengan Face ID

Indosat Bagikan Hadiah Natal untuk Anak di Wilayah Timur